HTC akhirnya kembali mencoba peruntungan dengan Windows Phone. Kali ini, produsen asal Taiwan itu coba menggebrak dengan Windows Phone 8X. Apa saja keunggulannya?


Tak banyak memang varian Windows Phone 8 yang bisa ditemukan di pasaran. Tercatat, hanya ada 3 produsen besar yang kerap mengkampenyekan ponsel berbasis sistem operasi tersebut: HTC, Samsung dan Nokia.



Meski terlihat sama, namun masing-masing vendor mengklaim bahwa ponsel Windows Phone 8 besutan mereka punya kelebihan yang unik. Salah satunya HTC, yang diklaim lebih canggih dalam urusan kamera dan kualitas suara ala Beats Audio.


1 Biru nan Menggoda

jika dilihat dari tubuhnya yang ramping, ponsel ini memang begitu menarik. Apalagi ketika digenggam bagian sisi tubuhnya yang nyaris berbentuk huruf U terasa mantap di tangan.


Rasa nyaman kian menjadi karena HTC Windows Phone 8X ini dibuat dalam kemasan unibody dari bahan polycarbonate. Jadi selain ringan, produk ini juga kokoh.



Pemilihan warna juga sepertinya disesuaikan dengan tema Windows Phone yang disediakan oleh Microsoft.

Sekilas Windows Phone 8 besutan HTC ini memang mirip dengan pesaingnya, tapi tentu masing-masing vendor punya ciri khas tersendiri untuk membedakan. Di bagian belakang 8X ini terdapat logo Beats Audio, ini berarti ponsel ini sudah mendukung setelan suara khas Dr Dre itu.


Di bagian belakang juga terdapat sebuah kamera yang ditemani satu buah lampu flash LED. Cukup terang, jika dipakai untuk mengambil gambar di dalam ruangan.

2. Menu Dinamis di Layar Cemerlang

Persis seperti Windows Phone sebelumnya, di versi ini Microsoft juga menawarkan antarmuka dinamis yang dibuat dalam kotak-kotak. Interface seperti ini biasa dikenal dengan Live Tile.


Setiap kotak akan memberikan kesan unik. Lebih asiknya lagi, pengguna bisa mengatur besar kecilnya kotak tersebut, atau juga susunannya. Jadi tampilannya bisa sedikit disesuikan dengan kebutuhan tiap pengguna.



Interface yang 'hidup' itu pun semakin menarik karena berada di dalam layar yang cemerlang. 



Ditilik dari spesifikasinya, layar Windows Phone 8X sudah mengunakan S-LCD generasi kedua 4,3 inch dengan resolusi mencapai 1280 X 720 pixel (342 ppi). Layar ini juga digunakan HTC pada ponsel Android One X dan One X Plus.



Baik di dalam ruangan atau di luar ruangan, layarnya mampu menghasilkan gambar yang baik dan tulisan yang bisa dibaca jelas. Tiap sentuhan juga direspon dengan baik oleh layar di ponsel tersebut.

3. Kualitas Kamera

Windows Phone 8X dibekali HTC dengan kamera 8 MP yang mampu menangkap gambar hingga resolusi 3264 x 2448 pixels, dan merekam video HD 1080p. Kualitasnya juga terbilang baik.

Selain bisa mengambil gambar melalui tombol kamera di sisi kanan ponsel, pengguna juga bisa menjepret lewat tombol shutter virtual dan sentuhan. Ini yang membuat aksi mengabadikan momen menyenangkan.


Pengguna bisa memilih objek mana yang ingin dibuat fokus, lalu kamera akan secara otomatis mengambil gambar saat proses fokus berhasil. Jepret! Gambar pun tersimpan dalam hitungan yang sangat singkat.



Pun begitu bukan tanpa celah. Minimnya pengaturan kamera pada aplikasi yang ditanamkan membuat aksi berburu foto kurang menyenangkan. Tidak ada burst mode, panorama, dan lainnya. Yang ada hanya pengaturan berapa besar gambar dan filter yang sudah ditentukan oleh sistem.

Selain kamera belakang yang cukup memesona, kamera depan HTC Windows Phone 8X juga terbilang luar biasa. Lensa berukuran 2,1 MP di depan mampu merekam video hingga resolusi 1080p, belum lagi pengambilan gambar yang lebih lebar dan dukungan pendeteksi wajah. Keren! 






4. Performa Gesit, Suara Menggelegar


Dengan mengusung chipset teranyar Snapdragon S4 dual core 1,5 GHz, HTC Windows Phone 8X sudah pasti cukup gesit menjalankan seluruh aplikasi untuk Windos Phone 8.



Baik saat dijajal untuk main game, olah gambar, nonton film, hingga browsing, semua tampak lancar jaya tanpa ada gejala terbebani. Ponsel ini juga masih terasa cukup gesit walau sudah banyak diinstal bermacam-macam aplikasi.



Soal kualitas suara pun tampaknya cukup diperhatikan HTC, paling tidak jika melihat dari embel-embel Beats Audio yang melekat di ponsel tersebut.



Beats Audio pada ponsel ini tidak hannya bisa dipakai saat memutar musik, tapi juga video dan konten lainnya. Saat diaktifkan suara menjadi lebih menggelegar dari sebelumnya, namun soal kualitas sepertinya tidak jauh berbeda saat fitur tersebut dinonaktifkan.

5. Spesifikasi

Dari sisi desain, spesifikasi dan experience pemakaian, HTC Windows Phone 8X memang menjadi salah satu ponsel Windows yang cukup menjanjikan. Sistem operasi ternyar Microsoft itu juga sudah membawa perbaikan dari versi sebelumnya.


Proses integrasi kontak kini menjadi lebih presisi dan simple. Tampilan antarmuka juga terlihat lebih dinamis walau pada kenyataannya tidak banyak yang berubah.

Salah satu fitur anyar yang menarik ada pada Windows Phone 8 ini adalah, Kids Corner. Fitur ini berfungsi untuk membatasi anak-anak agar hanya bisa mengakses aplikasi tertentu, jadi para orang tua tak perlu khawatir lagi jika gadget kesayangannya ingin dimainkan oleh buah hati.


Soal dukungan aplikasi juga terbilang cukup lengkap, pun begitu jangan dulu berharap banyak aplikasi menarik seperti yang ada di iOS atau Android. Sebab dalam hal jenis aplikasi Windows Phone masih terbelakang dibanding kedua sistem operasi itu. 


Soal daya tampung juga sedikit disesali. Pasalnya, di ponsel ini hanya ada 16 GB tanpa adanya slot eksternal. Jadi pengguna harus pintar-pintar memilih file apa yang akan ditaruh di dalamnya.

Namun secara keseluruhan, HTC Windows Phone 8X memang menyuguhkan pengalaman yang berbeda menggunakan smartphone. Desain yang menarik, nyaman dipakai, kualitas kamera ok, seakan menjadi daya tarik ponsel yang dibanderol Rp 5,8 juta ini. Berminat?


Berikut spesifikasi HTC Windows Phone 8X:

  • OS: Windows Phone 8
  • Prosesor: Dual Core 1,5 GHz
  • Memori: RAM 1 GB, ROM 16 GB
  • Layar: S-LCD2 capacitive touchscreen 4,3 inch 720 x 1280 pixel dengan Gorilla Glass 2
  • Kamera: Depan 2,1 MP dan Belakang 8 MP 3264 x 2448 pixel, autofocu, LED flash
  • Baterai: Li-Ion 1800 mAh
sumber : detik.com

Post a Comment Disqus

 
Top